Friday, January 11, 2013

Sistem periodik unsur




Tabel periodik punya dua anggota baru, unsur 114 dan 116. Keduanya merupakan unsur kimia terberat. Unsur 114 memiliki berat 289 satuan massa atom, sedangkan 116 memiliki berat 292 satuan massa atom.
Kedua unsur sebetulnya sudah ditemukan lebih dari 10 tahun--114 ditemukan tahun 1999, 116 ditemukan tahun 2000. International Union of Pure and Applied Chemistry dan International Union of Pure and Applied Physics baru memasukkannya sekarang setelah melalui berbagai pembuktian.
Saat ini, 114 dan 116 disebut ununquadium dan ununhexium. Akan tetapi, para penemu yang berasal dari Rusia mengajukan nama "flerovium" untuk 114 diambil dari nama fisikawan nuklir Georgy Flyorov. Unsur 116 diusulkan diberi nama "moscovium" yang berasal dari Moscow Oblast. (National Geographic Indonesia/Alex Pangestu)
namun nama "moscovium" tidak jadi dugunakan, kini unsur 116 benama "livermorium" yang berasal dari nama sebuah labolatorium yang didirikan oleh Ernest Lawrence dan Edward Teller, yaitu Livermore Labolatory

Pada sistem periodik unsur modern, golongan dibagi menjadi 18 berdasarkan aturan IUPAC. 
Berdasarkan aturan Amerika (USA), sistem periodik unsur modern dibagi dua golongan yaitu golongan A dan B. Jadi, golongan unsur dari kiri ke kanan ialah IA (alkali), IIA (alkali tanah), IIIA, IVB, VB, VIB, VIIB, VIIIB, IB, IIB, IIIA, IVA, VA, VIA, VIIA (halogen), dan VIIIA (gas mulia). Umumnya, digunakan pembagian golongan menjadi A (golongan utama) dan B (golongan Transisi).

Kegunaan Sistem Periodik:

Sistem periodik dapat digunakan untuk memprediksi harga bilangan oksidasi, yaitu:

1. Nomor golongan suatu unsur, baik unsur utama maupun unsur transisi, menyatakan bilangan oksidasi tertinggi yang dapat dicapai oleh unsur tersebut. Hal ini berlaku bagi unsur logam dan unsur non logam.

2. Bilangan oksidasi terendah yang dapat dicapai oleh suatu unsur bukan logam adalah nomor golongan dikurangi delapan. Adapun bilangan oksidasi terendah bagi unsur logam adalah nol. Hal ini disebabkan karena unsur logam tidak mungkin mempunyai bilangan oksidasi negatif.

gambar sistem periodik dengan bentuk lingkaran....
Love KIMIA [Circle priodic system]

sistem periodic dengan keterangannya :D
http://www.chem-is-try.org/tabel-periodik/

mengenai sistem periodik unsur lebih lanjut kunjungi
http://www.scribd.com/doc/69101373/UNSUR-UNSUR-KIMIA-SISTEM-PERIODIK-UNSUR

No comments:

Post a Comment