Monday, March 30, 2015

Kynar (PVDF) Plastik Tangguh Korosi Bahan Kimia

Industri dapat diartikan sebagai suatu kegiatan yang menghasilkan produk dari proses pengolahan bahan dengan menggunakan suatu teknologi, sehingga dapat menghasilkan suatu produk yang bernilai ekonomis dan dapat di manfaatkan lebih lanjut. Proses pengolahan bahan untuk memperoleh produk dapat berlangsung secara fisik dan kimia. Diperlukan bahan yang kuat yang tahan terhadap proses kimia maupun fisika dalam proses industri tersebut. Salah satu bahan pelapis tangki proses dalam industri kimia adalah PVDF (polyvinylidene flouride).

PVDF telah digunakan pada banyak aplikasi yang menggunakan bahan kimia keras sejak tahun 1964. PVDF sering dijumpai pada aplikasi pipa dan molding komponen valve dan pompa kimia. Sementara segmen aplikasi lainnya dari bentuk powder atau granulat sebagai bahan baku pembuatan membran mikrosporus yang biasa digunakan dalam penyaringan dan pemurnian air. PVDF sebagai pelapis memberikan berbagai keuntungan antara lain, ketahanan kimia yang baik, rating suhu tinggi dan kemudahan proses pengerjaan, sehingga memberikan efektifitas dan penghematan biaya yang tinggi.
PVDF adalah polimer murni homopolimer dibandingkan plastik lainnya, PVDF tidak ditambah stabilator, additives maupun bahan penstabil. Seperti anti UV, thermostabilizer, pelembut, pelumas atau penghambat api.hal ini disebabkan karena sifat kimia polimer PVDF yang inert (sangat stabil). Karena kemurnian dan kestabilannya PVDF dipakai sangat luas dalam industri bahan makanan dan minuman, produk-produk susu dan turunannya untuk pipa transport air, pengolahan obat dan makanan. PVDF tahan terhadap proses starilisasi berulang-ulang, tahan terhadap radiasi sinar UV, sinar gama dan oksidasi.
PVDF adalah termoplastik yang mudah untuk diproses lebih lanjut, dapat di bonding, di welding, dan juga dibentuk dengan thermoforming sehinggga sangat mengutungkan dari segi harga berbanding dengan unjuk kerja daya tahan pemakai material
Nama IUPAC     : poly(1,1-difluoroethylene)
Nama dagang   : Polyvinylidene difluoride; poly(vinylene fluoride); Kynar; Hylar; Solef; Sygef




PVDF dibuat dengan proses polimerisasi adisi radikal dalam emulsi berair melibatkan tekanan 10-300 atm dan suhu 10-130o C. Inisiator dalam proses ini adalah salts30, disuccinic acid peroxide31 -b,  hydroxyalkylperoxide atau alkylperoxybutyric acid32. Membentuk radikal bebas yang berperan dalam tahap rekombinasi radikal dengan radikal membentuk rantai polimer. Kombinasi rantai polimer melalui raikal diakhiri saat pereaksi habis yang disebut tahap dismutasi. 



PVDF Polyvinylidene fluoride adalah Polimer paling tangguh diantara golongan fluorothermoplastik, karena ketahanannya terhadap kimia keras pada temperatur tinggi, kombinasi dengan kekuatan mekanik yang baik serta kemudahan diproses. Karena sifatnya yang ekstrim tahan kimia, maka aplikasi utama PVDF adalah pada industri kimia untuk parts-parts, tangki-tangki, unit mesin proses yang bersentuhan langsung dengan kimia keras dan juga sebagai pelapis anti korosi kimia.



Keunggulan PVDF atau plastik kynar antara lain :
-          Ringan
-          Fleksibel
-          Mudah dalam pemrosesan
-          Ketahanan yang tinggi dalam tumbukan yang keras
-          Piezoelektrisitas : material yang dapat merubah energi mekanik menjadi energi listrik (direct piezoelectric) atau dari energi listrik menjadi energi mekanik (inverse piezoelectric). Penggunaan material jenis ini telah berkembang amat luas terutama dalam bidang teknologi sensor dan aktuator. 
-          Pyroelektrik : kemampuan suatu material untuk merubah energi termal berupa foton menjadi energi listrik. (sebagai sensor mekanik, sebagai ensor inframerah)




sumber :
Suharty, Neng Sri. 2007. Rekayasa Polimer Menggantikan bahan
          Tradisional. Surakarta: Universitas Sebelas Maret
Ameduri, B. 2010.  From Vinylidene Fluoride (VDF) to the Applications
          of VDF-Contauining Polymers and Copolymers: Recent
          Developments and Future Trends. HAL id: hal-00447403. Diakses
          di  https://hal.archives-ouvertes.fr/hal-00447403/document.

3 comments:

  1. Hei. Terima kasih info2 nya :)
    Salam kenal ya

    ReplyDelete
  2. saya ingin membuat propeller bahan DVDF 16m kemana ya carinya, makasih

    ReplyDelete