Friday, September 27, 2013

INDONESIA


1.   Negara Kepulauan Terbesar
Fakta yang pertama adalah bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Terdapat 17.504 pulau dimana 9.634 pulau belum diberi nama dan 6 ribu pulau tidak berpenghuni. Yang semakin membanggakan adalah 3 dari 6 pulau terbesar di dunia ada di Indonesia yaitu Kalimantan, Sumatera, dan Papua. Selain sebagai negara kepulauan, Indonesia juga terkenal sebagai negara maritim terbesar di dunia. Bayangkan saja, luas perairan Indonesia mencapai 93.000 km dan panjang pantai sekitar 81 ribu km² atau hampir 25% panjang pantai di dunia.

   2.  Indonesia Paru-paru Dunia
Indonesia memiliki hamparan hutan yang luas. Dengan luas hutan Indonesia sebesar 99,6 juta hektar atau 52,3% luas wilayah Indonesia (data : Buku Statistik Kehutanan Indonesia Kemenhut 2011 yang dipublikasi pada bulan Juli 2012) , hutan Indonesia menjadi salah satu paru-paru dunia yang sangat penting peranannya bagi kehidupan isi bumi. Selain dari luasan, hutan Indonesia juga menyimpan kekayaan hayati. Berbagai flora dan fauna endemik hadir di hutan Indonesia menjadi kekayaan Indonesia dan dunia, Indonesia memiliki plasma nutfah terlengkap di dunia, jika hutan tersebut hilang maka bumi akan hancur karena bumi sangat tergantung pada hutan tropis untuk menjaga keseimbangan iklim. (www.wwf.or.id)

   3.  Kekayaan Bahari yang melimpah
Indonesia memiliki perairan yang sangat luas, luasnya sendiri mencapai 5,8 juta km2. Dengan luas laut yang sedemikian besar, laut Indonesia tentu saja mengandung potensi bahari yang sangat melimpah. Kekayaan bahari tersebut dapat berupa hayati maupun non – hayati. Perlu diketahui bahwa hasil budidaya perikanan di Indonesia setiap tahunnya sekitar 46,3 juta ton. Hasil tangkaapn laut Indonesia mendominasi produk penangkapan ikan di dunia, hasil laut Indonesia sekitar 52% dari produksi keseluruhan tangkapan laut dunia yaitu 47, 6 juta ton. (www.anneahira.com)

   4.  Tambang Emas terbesar di Dunia ada di Indonesia
Namanya Grasberg, tambang ini terletak di Indonesia, tepatnya di sebelah Puncak Jaya di Papua. Karyawannya berjumlah 19.500 orang dan dimiliki(?) oleh Freeport-McMoran dari Amerika Serikat. Tahun 2006, tambang ini berhasil memproduksi 7,3 JUTA ton tembaga dan 724,7 JUTA ton emas dan jika diuangkan hasilnya menjadi anggap Rp.300.000. dikali 724,7 JUTA ton emas/ 724.700.000.000.000 gram dikali Rp.300.000. = Rp.217.410.000.000.000.000.000. Tergelitik dengan kata dimiliki AS, taukah kamu berapa yang kita dapatkan? garis bawahi ini hanya 1% untuk negara pemilik tanah (Indonesia) dan 99% untuk Amerika sebagai negara yang memiliki teknologi untuk melakukan pertambangan disana bahkan ketika emas dan tembaga disana mulai menipis ternyata dibawah lapisan emas dan tembaga tepatnya di kedalaman 400 meter ditemukan kandungan mineral yang harganya 100 kali lebih mahal dari pada emas, ya.. dialah URANIUM! Badan Tenaga nuklir Nasional (Batan) memperkirakan ada 70 ribu ton cadangan uranium yang tersebar di sejumlah lokasi di Indonesia. (www.antaranews.com)

 “Merebut kedaulatan pangan dan energi itu tidak bisa diselesaikan lewat demo. Tapi dengan riset, kerja keras, dan kebijakan”. ~ Muhammad Jusuf Kalla ~

Lihat, Perhatikan, dan Pahamilah Wahai penerus peradaban. Bukan saatnya lagi
tenggelam dalam kenyamanan kemerdekaan dan terlena dengan pujian semata.
Bangkit dan bela harga diri Negara ini INDONESIA.

-68 tahun Indonesia Merdeka-

No comments:

Post a Comment